Tips Mengatur Uang THR Tunjangan Hari Raya

Equityworld - Sinyal The Fed Bikin Dollar AS Melonjak
Sinyal The Fed Bikin Dollar AS Melonjak
21/06/2016
PT Equityworld Futures - Bursa saham AS
Brexit Mereda Wall Street Melaju
21/06/2016

Tips Mengatur Uang THR Tunjangan Hari Raya

Equityworld Futures Tips Mengatur Uang THR Tunjangan Hari Raya

Equityworld Futures – Mendekati bulan Ramadan hari raya nanti sebagian besar orang yang bekerja rasanya sudah tidak sabar menantikan THR yang merupakan sejumlah uang di luar gaji Anda yang tentunya akan sangat dibutuhkan saat menjelang hari raya.

Biasanya saat bulan Ramadan tiba, list belanjaan kebutuhan Anda akan sedikit lebih banyak dibandingkan bulan-bulan normal lainnya.

Padahal saat bulan Ramadan, kita tidak perlu makan siang atau makan malam sepulang kerja.

Equityworld - THR Tunjangan Hari Raya

Namun, karena adanya kenaikan harga barang kebutuhan yang diperlukan, membuat orang memilih jalan untuk belanja sekaligus, saat harganya belum terlalu tinggi.

Saat menerima THR, apa yang ada di pikiran Anda? Apakah pernah berfikir, sebaiknya sebagian besar Uang THR Anda dialokasikan untuk tabungan saja?

Mendapatkan THR menjelang hari raya nanti, sebaiknya tidak Anda jadikan sebagai “kesempatan” untuk bisa membeli segala hal yang sangat Anda inginkan.

Equityworld Futures: Uang THR  Sebaiknya Disisihkan Untuk Menabung.

Tidak semua uang THR harus disimpan dalam bentuk tabungan, namun Anda bisa merencanakannya terlebih dahulu.

Tabungan dan minat belanja haruslah seimbang. Berikut ini dikutip dari viva.co.id inilah cara agar uang THR bisa dijadikan tabungan:

1. Niatkan untuk menabung

Yang paling penting dan paling mendasar agar uang THR bisa ditabung adalah niat Anda sendiri.

Niatkan bahwa saat menerima THR nanti memang berencana untuk mengalokasikan sebagian besarnya untuk tabungan.

Setelah itu buat perencanaannya dengan detail agar semua post, baik pendapatan, pengeluaran dan juga biaya lainnya bisa terlihat dengan jelas.

2. Alokasikan untuk kebutuhan penting

Kebutuhan penting saat menjelang hari raya biasanya bertambah. Ada kebutuhan untuk bersedekah dan membayar zakat fitrah.

Selain itu fikirkan, apa lagi pengeluaran yang memang penting dan harus segera dibayarkan0.

Contohnya seperti kebutuhan membayar utang kartu kredit atau leasing. Lunasi segera agar tidak mengganggu keuangan.

3. Mulai menabung

Sesuai niat awal, bahwa uang gaji dan THR akan dialokasikan sebagian untuk ditabung. Jika memang Anda sedikit merasa berat karena beban kebutuhan agak membesar menjelang hari raya ini, bisa mengurangi persentase uang yang akan ditabungkan tersebut.

Jika saat bulan normal menabung 30 persen dari pendapatan, maka saat menjelang Hari Raya, Anda bisa menabung hanya sekitar 10 persen – 20 persen dari total gaji dan THR. Yang penting di sini adalah, tabungan tetap terisi seperti biasa, dan kebutuhan pun tetap bisa terpenuhi.

4. Pengeluaran kebutuhan Hari Raya

Setelah menabung dengan persentasi yang dikehendaki, tentunya uang gaji dan THR masih bersisa, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan hari raya.

Membeli pakaian, makanan, kue dan kebutuhan lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir jika memang uang Anda hanya bersisa sedikit, karena sudah membayar kewajiban sebelumnya.

Saat belanja kebutuhan tersebut, usahakan tetap berbelanja sewajarnya, sesuai bujet yang dimiliki.

5. Investasi

Poin Investasi ini, tidak terlalu dipaksakan karena sebelumnya ada poin menabung yang membuat sebagian orang akan hanya fokus pada menabung saja.

Mereka akan kurang tertarik pada investasi, karena merasa kurang cocok untuk berinvestasi di saat banyak pengeluaran. Namun, jika merasa perlu bisa mencoba Investasi tersebut.

Tips Equityworld: Rencanakan menabung THR setiap tahunnya

Simpanlah sebagian dari THR atau gaji bukan hanya pada hari raya tahun ini, namun setiap tahunnya lakukan kebiasaan baik ini.

Dengan begitu, Anda akan terbiasa melakukannya dan tidak akan berpikir untuk mengecoh uang tabungan tersebut, hanya karena ingin membeli sesuatu yang diperlukan.

Jika memungkinkan, setiap ada kenaikan gaji atau THR, naikkan juga persentasi tabungan Anda.
Baca Juga: Waspadai Ciri-Ciri Biro Umrah Bodong Agar Anda Tidak Tertipu

1 Comment

  1. […] The post Tips Mengatur Uang THR Tunjangan Hari Raya appeared first on PT EQUITYWORLD FUTURES. Sumber Author: […]