Memanah Bisa Meningkatkan Konsentrasi & Tenangkan Pikiran

PT Equityworld
5 Cara Cegah Pencuri Mengambil Ponsel Anda
10/11/2016
PT Equityworld
Hindari Empat Aktivitas Ini Agar Tidur Anda Nyenyak
14/11/2016

Memanah Bisa Meningkatkan Konsentrasi & Tenangkan Pikiran

PT Equityworld

PT Equityworld

PT Equityworld | Memanah Bisa Meningkatkan Konsentrasi & Tenangkan Pikiran

PT Equityworld | Memanah atau Archery merupakan salah satu kegiatan olahraga tertua yang saat ini semakin banyak digemari berbagai kalangan. Tak hanya tua dewasa, beberapa sekolah pun sudah menjadikan olahraga asal Yunani ini menjadi kegiatan olahraga ekstrakulikulernya.

Selain untuk kebugaran tubuh, sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapat dari kegiatan memanah ini? Memanah merupakan olahraga yang sering disebut oleh pengajar Thibbun Nabawi, termasuk olahraga yang terbaik karena bisa melatih kekuatan, fokus atau konsentrasi, serta memperbaiki postur tubuh.

Senada dengan itu, Instruktur Panahan Bintan Lagoon Resort, Riza Wahyu Eka Satria menyatakan bahwa, kegiatan memanah ini bisa melatih konsentrasi, memenangkan pikiran sehingga banyak digemari.

“Banyak orang yang penasaran kalau sudah mencobanya. Mereka¬† pasti bertekad ini mencapai target maksimal, kok nggak sampai kuning ya. Tak hanya itu untuk mereka yang sudah profesional, olahraga ini bisa dijadikan hiburan, sampai berani untuk taruhan,” katanya di Area Memanah, Kawasan Bintan Lagoon Resort, Bintan, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu.

Riza juga menjelaskan, dalam panahan yang terpenting diperhatikan beberapa peralatannya antara lain Arm guard/brace (pelindung tangan), Arrow (anak panah), Arrow rest (tempat meletakkan anak panah di busur), Bow (busur), Compound bow (busur dengan bantuan katrol) dan
Finger tab (pelindung jari).

“Ketepatan untuk membidik sasaran tergantung bagaimana cara seseorang membidik. Untuk panjang standar target board(sasaran) adalah 10 meter untuk pemula. Untuk pertandingan bisa mencapai 20 meter,” jelasnya yang sudah menekuni dunia panahan setahun terakhir ini.

Agar bisa mendapatkan teknik memanah yang tepat, Riza pun memberikan beberapa tips singkatnya untuk para pemula.

“Sebelum mulai memanah harus enjoy, rileks, tenangkan pikiran. Teknik yang paling penting, berdiri tegap, menyamping dengan senyaman mungkin, kuda-kuda. Bahu lurus sejajar tangan dengan posisi siku sedikit ditekuk. Pegang busur panah dengan posisi mengepal yang rileks, Jauhkan string dari tangan,” ujarnya.

Sedangkan untuk mendapat bidikan yang tepat sasaran, Riza menyarankan agar pemain bisa meneropong sasaran menggunakan mata kanan, sedangkan bagi yang kidal bisa menggunakan mata kirinya.

“Kemudian jari telunjuk dan jari tengah berada diantara Handle Riser (bagian tengah busur lepasan, knock down). Jaraknya tidak terlalu jauh ataupun dekat. Kemudian mengunci tangan yang menarik Bow String di bawah hidung. Ini harus dikunci agar bidikan tidak goyang. Kemudian pasangan mata untuk melihat target bidikan. Terakhir lepaskan kedua jari (telunjuk dan jari tengah), agar anak panah melesat kesasaran,” pungkasnya.(JKO- PT Equityworld)

PT Equityworld