3 Langkah Hadapi Masa Pensiun dengan Nyaman

Equity World - Kaos Gambar Trump Karya Desainer Bali Dijual di New York
Equity World – Kaos Gambar Trump Karya Desainer Bali Dijual di New York
08/11/2016
PT Equityworld
5 Cara Cegah Pencuri Mengambil Ponsel Anda
10/11/2016

3 Langkah Hadapi Masa Pensiun dengan Nyaman

PT Equityworld

PT Equityworld

PT Equityworld | 3 Langkah Hadapi Masa Pensiun dengan Nyaman

PT Equityworld | Banyak orang berpendapat pensiun perlu dipikirkan ketika memasuki usia 40-50an atau setidaknya ketika anak sudah bisa mandiri.

Namun beberapa orang juga memiliki pandangan berbeda di mana mereka bisa merasakan pensiun di usia dini, misalnya berhenti bekerja dan menikmati masa tua dengan santai.

Melansir laman wtsp, Ada tiga langkah yang dapat dilakukan menghadapi masa pensiun dengan nyaman, tidak peduli berapa pun usia Anda sekarang.

1. Mulai Perencanaan

Jika Anda berada di usia 20-an dan 30-an, pensiun mungkin masih jauh dari pikiran, padahal pada waktu inilah sebaiknya Anda sudah bisa mulai perencanaan.

Saat masih memiliki pekerjaan, untuk apa saja uang gaji yang Anda dapatkan dari pekerjaan? Untuk bayar sewa rumah, listrik dan tagihan lainnya? jika iya, apakah ada uang tersisa dari gaji tersebut? Jika ada, apakah ada kesempatan melakukan sesuatu dengan uang tersebut?

Sebaiknya uang sisa gaji tersebut mulai Anda simpan dan jangan pakai untuk hal-hal yang tak berguna buat Anda.

2. Kontribusi dan Investasi

Memasuki usia 40-50an, mungkin pada saat ini karir Anda sudah jauh lebih baik dan mapan, namun jangan lupa untuk tetap berinvestasi, pastinya di masa ini uang yang dihasilkan juga lebih banyak, sehingga Anda pun bisa menyimpan dan berinvestasi dengan lebih banyak juga.

Misalnya Anda punya saham di usia ini, sebaiknya pikirkan untuk berinvestasi di hal lain, seperti dolar, rumah atau emas. Atau hal-hal yang menghasilkan uang, sehingga memberi kesempatan pada Anda memperoleh tambahan uang lebih banyak di masa ini.

3. Di usia pensiun sebenarnya, habiskan sedikit uang dan lebih hemat

Akhirnya, jika berada di usia akhir 50-an atau awal 60-an, namun Anda masih tidak memiliki cukup uang menghadapi masa pensiun, jangan khawatir.

Sebaiknya ubah cara hidup Anda, jangan terlalu banyak menghabiskan uang dan lebih hemat dalam hal keuangan. Pada usia berapa pun, kuncinya Anda harus tetap pada rencana yang sudah dibuat.

Kontrol emosi ketika sudah punya rencana dan realisasikan di hidup rencana keuangan yang sudah dibuat itu. Jika sudah bisa melakukannya, maka Anda pun dapat bekerja dengan rasa aman.

Seandainya tidak menang lotre yang berhadiah miliaran pun, tapi Anda setidaknya bisa hidup lebih baik dan bisa menjadi kaya jika sudah bisa merencanakan keuangan sedari dini.(JKO- PT Equityworld)

PT Equityworld

1 Comment