Prinsip Manajemen Resiko Investasi yang Harus Dipahami

motivsi bisnis
Bentuk Karakter Positif untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
20/02/2014
bisnis properti
Solusi Investasi Properti tanpa Repot
26/02/2014

Prinsip Manajemen Resiko Investasi yang Harus Dipahami

manajemen resiko

EQUITY WORLD FUTURES – Investasi merupakan langkah yang penting untuk menjamin keamanan finansial masa depan, baik itu investasi tradisional dengan resiko rendah maupun investasi tingkat tinggi yang juga menawarkan resiko dan keuntungan besar. Apapun jenis investasi yang Anda ambil, manajemen resiko merupakan hal yang penting dilakukan untuk mencegah Anda mengalami kerugian besar, kehabisan modal dan bahkan bangkrut karena keliru mengelola investasi maupun membuat keputusan jual beli.

Dalam investasi, ada pilihan investasi resiko rendah serta keuntungan rendah, resiko sedang keuntungan sedang dan resiko tinggi keuntungan tinggi. Masing-masing investor memiliki gaya investasi dan sifat yang berbeda sehingga siapapun boleh mengambil jenis investasi apapun yang cocok dengannya. Akan tetapi, apapun jenis investasi yang Anda pilih, apakah itu membeli emas, membeli kontrak emas berjangka, berdagang valas, properti atau saham, ada prinsip-prinsip investasi yang harus diikuti.

 

Manfaat Melakukan Manajemen Resiko dan Prinsip Investasi

Dalam investasi, manajemen resiko apapun didasarkan pada beberapa prinsip penting investasi, yang wajib diketahui dan diterapkan baik oleh pemula maupun mereka yang sudah malang-melintang di dunia investasi. Para pemula, terutama, kerap tidak memeroleh hasil investasi yang tinggi di awal-awal waktu mereka mulai berinvestasi. Hal ini biasanya bukan karena mereka tidak memiliki wawasan di bidang investasi, melainkan karena mereka kerap mengambil langkah yang terlalu terburu-buru dalam investasi semata karena dorongan emosi, bukan logika serta perhitungan semua aspek resiko.

Misalnya, investor pemula seringkali mudah terjebak membeli saham yang harganya sangat murah sehingga menggiurkan, padahal kemungkinan saham itu murah karena dijual oleh perusahaan yang hampir bangkrut sehingga resikonya justru tinggi sekali di kemudian hari. Atau, ada juga yang kerap melakukan kesalahan umum lainnya yaitu membuat keputusan menjual yang terlalu gegabah karena melihat isu politik, ekonomi dan bisnis yang belum dijajaki dengan baik. Dengan melakukan manajemen resiko, investor akan terhindar dari penyesalan di kemudian hari dan bisa mengendalikan investasinya dengan lebih baik serta terencana.

 

Prinsip Dasar Manajemen Resiko

Untuk menghindari berbagai faktor resiko dalam investasi jenis apapun, berikut beberapa prinsip manajemen resiko dalam investasi yang harus diikuti semua investor:

  • Hindari Melakukan Tindakan Drastis Tanpa ‘Provokasi.’

Hal ini berkaitan dengan sikap investor, dimana seorang investor yang baik harus pandai menahan diri untuk menanamkan modal, membeli atau menjual saham hanya berdasarkan suatu isu atau kabar angin, seseram atau semenarik apapun kedengarannya. Ambil contoh Warren Buffett; salah satu pebisnis nomor satu di dunia ini terkenal karena tidak pernah ‘serakah’ menanamkan modal atau membeli saham kecuali ia sudah benar-benar melihat manfaatnya.

  • Hindari Menumpuk Semua Modal pada Satu Jenis Investasi

Diversifikasi investasi adalah istilah untuk penyebaran modal ke berbagai bentuk investasi; ini adalah saran klasik yang tak akan pernah menjadi kuno. Usahakan agar modal investasi Anda tidak ditaruh di satu pos investasi saja; misalnya, Anda bisa menempatkan modal di satu jenis investasi beresiko tinggi dan investasi beresiko rendah.

  • Bermain Aman Bukan Berarti Bodoh

Banyak investor yang menganggap memilih investasi aman itu bodoh karena keuntungannya hanya sedikit, namun lebih baik mengambil pilihan investasi aman daripada gegabah demi mengejar keuntungan besar. Bahkan investor kawakan pun akan menempatkan modal investasinya di pos lain agar mengurangi faktor resiko.

Lakukan manajemen resiko yang baik berdasarkan prinsip-prinsip di atas tergantung jenis investasi Anda, dan dapatkan keamanan finansial tidak peduli apapun investasi yang Anda lakukan.

Comments are closed.