Karbon penyokong hidup berasal dari tabrakan planet

Equity World
Equity World – IHSG 6 September Sesi 1
06/09/2016
Equity world
Equity world – PNS Tajir Ingin Bunuh Diri
06/09/2016

Karbon penyokong hidup berasal dari tabrakan planet

Equity World

Equity World – Satu Buah teori menyebut, sejumlah karbon yg memberikan kehidupan di bumi, bisa jadi dihasilkan dari tabrakan planet kurang lebih 4,4 miliar thn yg dulu.

Equity World – Karbon penyokong hidup berasal dari tabrakan planet

Karbon ialah bahan mutlak bagi seluruh kehidupan kita di planet.

Tapi, gimana Bumi mendapati “elemen volatil atau zat gampang berubah” – yg mempunyai titik didih rendah – seperti karbon & sulfur, konsisten jadi subyek perdebatan.

Suatu tim penelitian berpendapat, tabrakan antara Bumi & satu buah planet embrionik seperti Merkurius dapat memberikan jawabannya.

Detail dari penelitian ini muncul dalam jurnal Nature Geoscience.

Planet Merkurius melewati Matahari

Planet Pluto memperlihatkan noda

“Tantangannya merupakan, menuturkan asal-usul dari unsur-unsur yg enteng menguap seperti karbon, berada diluar inti lapisan planet kita,” kata Rajdeep Dasgupta, satu orang penulis penelitian dari Rice University di Houston, Texas.
Berdasarkan rencana yg di terima dengan cara luas adalah Late Veneer Hypothesis, Bumi terbentuk dari material yg sebahagian gede berasal dari unsur-unsur yg tak gampang beralih.

Unsur-unsur ini, seperti karbon, sulfur, nitrogen & hidrogen, dulu ditambah batuan area angkasa sesudah inti bumi terbentuk.

“Setiap elemen-elemen yg jatuh ke Bumi dalam wujud meteor & komet lebih dari kurang lebih 100 juta thn sesudah system Tata Surya terbentuk, menghindari panas yg intens dari lautan magma yg menutupi bumi hingga kala itu,” kata Yuan Li, dari Guangzhou Institute of Geochemistry di Chinese Academy of Sciences.

“Masalahnya,kendati hal tersebut mampu memaparkan berlimpahnya elemen-elemen itu, belum ditemukan meteor apa yg membuahkan rasio unsur seperti itu di planet kita.”

Tim penelitian ini diawal mulanya sudah menerbitkan makalah yg menunjukkan bahwa, bahkan kalaupun karbon tak menguap ke angkasa dikala planet ini sebahagian akbar cair, sehingga unsur itu dapat menumpuk di inti logam planet kita.

Faktor ini disebabkan sebab gabungan unsur yg tajir dapat zat besi bakal menarik karbon.
Jika demikian, dari mana asal karbon pun biosfer yg ada di lapisan Bumi?

Tim ini memanfaatkan laboratorium percobaan yg menirukan keadaan tekanan & suhu tinggi jauh di dalam Bumi & planet berbatu yang lain.

Mereka menyimpulkan, bahwa salah satu skenario yg dapat mengumpulkan perbedaan rasio melimpah karbon-ke-sulfur merupakan planet embrionik seperti Merkurius bertabrakan bersama & diserap oleh bumi, di awal peristiwa bumi.

“Karena yaitu benda raksasa, dinamika gerakannya menciptakan inti planet yg satu serentak menuju ke inti planet kita, & lapisan yg tajir karbon itu bakal bercampur dgn lapisan bumi,” kata Dr Dasgupta. Equity World

Comments are closed.