Faktor dan Strategi Pengelolaan Bisnis Lapangan Futsal

Artikel 117
Equity World; Kualitas Pemimpin Yang Dapat Menyukseskan Kerjasama Tim
06/02/2014
budaya perusahaan
Budaya Perusahaan: Membangun dan Mengembangkannya
17/02/2014

Faktor dan Strategi Pengelolaan Bisnis Lapangan Futsal

EQUITY WORLD FUTURES. Lapangan futsal sewaan menjadi salah satu sarana olahraga sekaligus berinteraksi bagi kawula muda dan pebisnis yang sering tidak memiliki waktu untuk berolahraga secara teratur sekaligus kumpul-kumpul bersama yang sifatnya santai. Modalnya sangat besar sehingga dibutuhkan strategi bisnis yang baik agar lapangan futsal yang Anda kelola mampu mendatangkan profit yang cukup lumayan dan cepat balik modal.

Lapangan Bara Futsal di Jakarta Selatan, misalnya, dibangun dengan modal 1 milyar rupiah, sedangkan Premier Futsal di ciledug malah lebih besar lagi yaitu 2 milyar karena lapangan yang dibangun ada 2 buah (di luar dan di dalam ruangan). Belum lagi uang yang harus dikeluarkan untuk promosi dan membangun sarana penunjang di sekitar lapangan futsal seperti tempat parkir yang luas. Hal ini membuat strategi pengelolaan harus dipikirkan dengan baik agar Anda cepat balik modal.

 

Keuntungan Rata-rata Pengelolaan Lapangan Futsal

Rata-rata pengelola lapangan futsal mematok tarif 100 ribu hingga 150 ribu rupiah per jam, sehingga dalam sebulan pemasukan bisa sekitar 60 hingga 80 juta rupiah tergantung berapa lapangan yang disewakan serta berapa tarif yang dipatok. Akan tetapi, biaya operasional setiap bulan juga cukup besar yaitu sekitar 20 juta rupiah, sehingga pengelolaan harus dilakukan dengan baik dan strategis bisnis yang matang. Jika Anda tidak bisa balik modal dengan cepat, Anda harus berusaha keras untuk menutupinya.

Akan tetapi, di lingkungan urban, potensi bisnis lapangan futsal sebetulnya besar, apalagi jika lapangan dibangun di lokasi yang strategis dan memberi akses mudah bagi pengguna utamanya yaitu kawula muda dan pebisnis. Dengan strategi bisnis yang baik, pengelolaan lapangan futsal akan cepat mendatangkan keuntungan walaupun modal dan biaya operasionalnya besar.

 

Faktor Penting dalam Strategi Bisnis Lapangan Futsal

 Berikut ini adalah beberapa jenis faktor penting yang harus diperhitungkan dalam strategi bisnis pengelolaan lapangan futsal agar keuntungan yang Anda dapat bisa maksimal:

  • Pilih Lokasi Strategis

Ini merupakan hal penting dalam pengelolaan lapangan futsal. Kebanyakan pengguna lapangan ini adalah mereka yang senang praktis; mereka ingin berolahraga dengan mudah dan kemudian bisa langsung pulang ke rumah. Lapangan futsal sebaiknya ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau mobil dan motor pribadi serta kendaraan umum. Papan namanya pun harus kelihatan dengan mudah dari berbagai penjuru.

  • Pilih Fasilitas Pendukung yang Memadai

Lapangan futsal yang ideal harus memiliki fasilitas pendukung yang bagus seperti kamar mandi dengan pancuran, toilet, tempat parkir luas, kantin, loker penyimpanan barang berharga dan tempat shalat. Di luar itu, Anda boleh menambahkan fasilitas lain yang sekiranya bisa mendukung, misalnya fasilitas ruang karaoke atau tempat hiburan lain bagi mereka yang datang hanya untuk menunggui teman dan keluarga yang bermain.

  • Buka Layanan Berbeda yang Masih Berkaitan

Ada pengelola lapangan futsal yang berinisiatif membuka lapangan olahraga lain di samping lapangan futsalnya, misalnya lapangan bulutangkis dan tenis indoor. Ada juga yang membuka jadwal sekolah futsal untuk anak-anak dan umum tiap akhir pekan, misalnya, dengan pengenaan tarif yang berbeda dengan penyewaan lapangan. Ini akan mengembangkan jaringan pelanggan Anda.

Strategi bisnis dalam pengelolaan lapangan futsal ditujukan untuk memberikan keuntungan dan balik modal yang cukup cepat karena biaya operasional serta biaya pendiriannya cukup besar. Lapangan futsal memang memiliki marjin keuntungan usaha yang besar, namun tanpa pengelolaan dan strategi besar yang maksimal serta diarahkan dengan baik, hasilnya tak akan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

Comments are closed.