China Impor 1200 metrik ton Emas

Era Internet, Era Profit
29/10/2013
bullion-dollars
Masa Depan: EMAS
29/10/2013

China Impor 1200 metrik ton Emas

ChinaEconomic-Growth

Cina berada pada jalur impor sekitar 1.200 metrik ton emas di tahun ini. Menurut RJ O’Brien & Associates bisa jadi akan melampaui India sebagai konsumen terbesar dunia dari logam mulia. Impor melalui Hong Kong sebesar 600 ton pada H1 dengan pengiriman pada bulan Mei dan Juni, berjalan di atas 100 ton per bulan. Perhitungan menurut perusahaan itu dari impor itu ditambah 400 ton yang diproduksi di dalam negeri, membuat China akan menyerap sekitar 60% dari produksi emas dunia yang ditambang di tahun 2013.

Permintaan untuk emas di Asia tetap kuat seperti yang ditunjukkan oleh tingginya premi di Shanghai. R.J. O’Brien yang mengutip data dari Asosiasi Emas China, mengatakan bahwa konsumsi emas di negara itu naik 54% menjadi 706,4 ton pada semester pertama tahun 2013.

Commerzbank menyatakan, bahwa permintaan fisik mendukung emas, meski dana yang keluar seperti pada ETF (exchange-traded fund) terus berlangsung. Permintaan fisik mendukung terjaganya harga dan sejauh ini tampak mampu mengimbangi tingkat dari minat investasi yang lebih rendah.

Data Asosiasi Emas China menyebutkan bahwa enam bulan pertama adalah 706,4 metrik ton, dibandingkan 832,2 ton pada tahun 2012. Jika produksi emas China dari sekitar 193 ton adalah faktor dalam perkalian, permintaan China bertemu dengan impor emas bersih dari Hong Kong, yang sebesar 518 ton pada enam bulan pertama tahun ini. Angka Impor ini menarik bila dibandingkan dengan arus keluar dari emas ETF, yang berjumlah sekitar 586 ton pada semester pertama tahun ini, hal ini menggambarkan situasi sangat jelas. Angka-angka tersebut adalah bukti mengesankan dari perpindahan tangan yang lemah ke yang kuat, dan dari Barat ke Timur.

Adrian Day Asset Management menyebutkan bahwa emas bisa jadi telah mencapai titik terendahnya awal musim panas ini. Ketika itu turun hingga menyentuh $ 1.200 per ounce. Tapi sejak itu, emas bergerak tajam melampaui level $ 1.300. Meskipun sebenarnya masih jauh di bawah harga tertingginya. Faktor fundamental masih positif, terutama kebijakan moneter yang mudah, yang dilakukan di seluruh dunia.

Untuk semua pembicaraan tentang tapering (pembatasan stimulus), Federal Reserve memutuskan bahwa kebijakan masih sangat mudah. Bahkan dimungkinkan tidak akan ada penyusutan dalam neraca Fed atau pengetatan yang berarti di masa mendatang.

Menurut pendapat saya, pasar bereaksi sangat berlebihan dengan diskusi yang ringan untuk pemotongan kembali pembelian obligasi. Sejak itu, berbagai pejabat Fed, termasuk Ketua Fed, Ben Bernanke, berjuang untuk memperbaiki kakacauan pasar dengan meyakinkan bahwa kebijakan moneter akan tetap mudah.

(Mario Prabowo, Head of Research and Editor @ www.kpfnews.com, @marioprabowo, @kontakperkasa, www.kpfnews.com.)

Source: http://www.kitco.com/news

– See more at: http://www.bisnisindeks.com/china-impor-1200-metrik-ton-emas/#sthash.TQarNr7o.dpuf

Comments are closed.